Peta Wisata Sulawesi Utara

Peta Wisata Sulawesi Utara

north_sulawesi_map

Prariwisata Provinsi Sulawesi Utara 

sulawesi_utara.png

Pariwisata merupakan salah satu sektor potensial yang dimiliki Sulawesi Utara sebagai salah satu sumber daya ekonominya. Potensi wisata di Sulut cukup beragam, di antaranya wisata alam, wisata bahari, dan wisata budaya. Keberadaan taman nasional, seperti Taman Nasional Laut Bunaken dan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, juga berpotensi sebagai salah satu aset wisata alam di Sulawesi Utara. Jumlah wisatawan mancanegara yang telah berkunjung ke Sulawesi Uta­ra, seperti wisatawan dari Jepang, Amerika, Belanda, Perancis, Inggris, Belgia, Kanada, Korsel, dan sebagainya berjumlah 25.226 orang, sedangkan wisatawan domestik berjumlah 432.999 orang. Banyak daerah wisata alam di Propinsi Sulawesi Utara yang indah panoramanya.

Letak dan posisi geografis Sulawesi Utara, sebagai wilayah paling utara negara kita dan langsung berbatasan dengan Lautan Pasifik, memiliki potensi yang besar sebagai pintu gerbang keluar-masuknya kegiatan ekonomi regional dan global. Dengan demikian, wila­yah ini mempunyai peluang yang cukup besar untuk mengembangkan kerjasama internasional, khususnya perdagangan dengan negara tetangga yang secara geo­grafis berdekatan, seperti Filipina, dan Malaysia. Jika semuanya itu dapat dilihat secara jeli dan dimanfaatkan, daerah ini akan dapat menggalang kerjasama perdagangan regional dan internasional yang menguntungkan. Hal itu akan membuat wilayah Sulut menjadi salah satu pusat ekonomi di Indonesia yang me­miliki prospek cerah. Itulah kelebihan daerah Sulawesi Utara.

Danau indah dengan keliling daerah pegunungan yang rata-rata mempunyai ketinggian 700 M sehingga bentuknya menyerupai sarang burung, dimana banyak orang datang untuk berwisata menikmati udara pegunungan yang sejuk. Ditengah danau terdapat sebuah pulau kecil yang dinamakan Pulau Likri. Banyak desa mengelilingi danau ini seperti Eris, Kakas dan Remboken. Keindahannya dapat dinikmati setiap hari. Objek wisata ini dapat ditempuh ± 30 menit dari Kota Manado dengan sarana darat.

Gunung Lokon dan Mahawu, Kedua gunung ini masing-masing Lokon mempunyai ketinggian 1580 m dan Mahawu mempunyai 1311 m.Keduanya mempunyai danau kawah yang amat indah. Diantara keduanya Lokon yang lebih indah.
Pendakian ke puncak dilakukan oleh pendaki dalam kondisi yang layak. Letak kawah panas 600 m dari puncak gunung dan danau kawah 60 m dalamnya. Waktu yang paling baik perjalanan pendakian mulai dari Kakaskasen pukul 07.00 pagi dan hal ini memungkunkan melakukan perjalanan ke kawah saat pagi hari dalam cuaca yang masih dingin dan sejauk.

gunung_lakon_mahawu.jpg

monumen_samratulangi.jpgSebuah monumen dan makam untuk mengingat seorang Pahlawan Nasional dan Sulawesi Utara, lahir di Tondano 1890 dan wafat pada tahun 1949.

Berlokasi di sebuah bukit dengan panorama Danau Tondano dan di kelilingi oleh sawah yang hijau membuat tempat ini sangat disegani dan mengingat semangat Pahlawan Nasional DR. Sam Ratulangi selama masa revolusi.

 tamanbunaken.jpgTaman Nasional Bunaken ditetapkan oleh Pemerintah dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 24 Desember 1991 dan merupakan kawasan konservasi perairan dengan luas 79065 ha.

Terdiri dari dua bagian terpisah yaitu :

  1.  Bagian Utara meliputi lima pulau masing-masing Pulau Bunaken, Siladen, Manado Tua, Mantehage dan Pulau Nain, serta wilayah pesisir Desa Molas, Desa Meras, Tongkaina dan Tiwoho.
  2. Bagian Selatan meliputi pesisir desa-desa yaitu : Desa Popo, Teling, Kumu, Pinasungkulan, Rap-rap, Sondaken, Wawontulap dan Poperang.

Taman Nasional Bunaken yang merupakan kawasan konservasi ini memiliki keanekaragaman hayati pesisir dan laut yang sangat tinggi dan terdapat tiga ekosistem utama perairan tropis Indonesia, yaitu : Terumbu Karang, Hutan Bakau dan Padang Lamun

  taman_purbakalasawangan.jpg144 “Waruga” kuburan batu (sarcophagus) dari nenek moyang orang Minahasa, sejak jaman Megalitikum.
Kuburan-kuburan batu yang dibangun berisi badan (tubuh) dalam posisi duduk dan memiliki nilai filosofi. Pra Kristen percaya bahwa bayi yang lahir dalam posisi duduk dalam kandungan ibu, dan posisi duduk ini ia harus abadi.

Diatas kuburan itu ada batu yang berbentuk kepala, menggambarkan hoby, sifat atau pekerjaan, wanita yang melahirkan, pemburu-pemburu, anak-anak dan lain-lain. Ada sebuah museum di depan gapura (pintu besar). Berlokasi di Desa Sawangan, daerah Airmadidi 24 Km dari Kota Manado dapat dicapai dengan transportasi umum. Waruga di Minahasa dapat ditemukan di beberapa tempat seperti Airmadidi, Tomohon dan Tara-Tara.

Provinsi Sulawesi Uatara terdiri dari kabupaten dan kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: